Beranda > interkasi manusia dan komputer, Tugas kuliah, web usabality > (lanjutan )ANALISIS WEBSITE KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI

(lanjutan )ANALISIS WEBSITE KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI

2.3 Desain layout

penataan layout yang baik membuat pengguna nyaman berinteraksi dengan website kita

Gambar 4. Layout

permasalahan :

• Pada tampilan utama terdiri dari 2 kolom utama yang di bagi dalam berapa bagian,namun pembagian letak tidak simestris serta jarak antar kolom terlalu dekat sehingga website terlihat tidak rapih

Solusi :

• Kolom yang berada di atas di susun sejajar dengan kolom yang berada di bawah agar terlihat rapih

• Beri sedikit jarak antar kolom agar tidak terlalu berdekatan

2.4 Breadcrumb

Pada website ini, tidak menyediakan fasilitas breadcrumb. Dengan fasilitas breadcrumb, pengguna akan lebih mudah tahu lokasi di halaman mana ia berada.

Gambar 5. Breadcrumb

2.5 Menubar dan Submenu yang terlalu rapat

Pada website ini, menubar dan Submenu yang tersedia terkesan terlalu rapat, sehingga menimbulkan kesan yang kurang nyaman. Tentu akan terlihat lebih baik lagi kalau menu ini agak direnggangkan. Juga tidak menggunakan huruf kapital semua, melainkan menggunakan kombinasi huruf kapital dan kecil.

Gambar 6. menu terlalu dekat

2.6 Teks Berjalan

Penggunaan teks berjalan pada pengumuman kurang tepat karena pengguna pada website susah untuk konsentrasi Selain pengguna membaca isi website pengguna juga melihat teks yang berjalan

Gambar 7. text berjalan

Solusi : Pengumuman di letakan pada kolom baru, sehingga pengguna bisa focus pada satu bagian.

2.7 Search

Search Permasalahan yang muncul dalam fungsi search ini adalah ketika berada dalam halaman SERP (Search Engine Result Pages) terdapat beberapa penggunaan bahasa yang kurang cocok.

Kata “SEARCH RESULT” akan lebih baik lagi jika menggunakan kata “Hasil Pencarian yang Ditemukan” karena pengguna meggunakan website dalam versi bahasa indonesia.

Disamping itu, hasil pencarian ternyata terbagi kedalam beberapa kelompok. Tapi beberapa pengguna mungkin ada yang tidak akan menyadari tersebut karena harus melakukan scrolling.

Gambar 8. hasil pencarian

2.8 Galleri

Pada saat kursor menuju galeri, berubah menjadi bentuk pointer seperti bisa di klik, namun setelah di klik galeri tersebut tidak terbuka. Untuk melihat galeri, harus mengklik kata “lihat galeri” Solusi Jika gambar tidak di jadikan link, bentuk kursor tetap panah tidak berubah menjadi tangan

Gambar 9. galeri

2.9 Banner

Di dalam website ini, pada bagian footer terdapat lima buah banner. Apabila dilihat sekilas, ini terlihat seperti banner (iklan), padahal apabila dicermati ternyata ini merupakan link yang menuju ke program-program yang tersedia di KPK. Penempatan banner ini ukurannya juga terlalu lebar. Apabila ini bukan merupakan iklan, penempatan programprogram ini sebaiknya tidak disusun seperti iklan seperti ini,tetapi dengan tampilan yang lebih elegan.

Gambar 10. program KPK terlihat seperti banner

Iklan
  1. Juni 26, 2010 pukul 6:43 pm

    iya tuh….
    penggunaan text berjalan serasa gak tepat tuk ditemptkan pada sebuah website untuk mengumumkan informasi.
    membuat kita harus menunggu text berjalan selesai untuk dapat membaca seluruh informasi yang ada. kalau kecepetan malahan kita kesulitan membacanya…
    kalau memang informasi itu penting, bisa ditempatkan ditempat lain yang lebih mudah dibaca…

  2. Juni 26, 2010 pukul 6:54 pm

    wah, website KPK ini sebenernya bisa jadi salah satu fasilitas penghubung banget buat negara demokratis kek Indonesia. White space udah lumayan baik pemanfaatannya di web ini. Good review overall 🙂

  3. Juni 26, 2010 pukul 9:53 pm

    pemberian breadcrumb untuk beberpa kasus sangat penting agar tidak kehilangan jejak. tapi utnuk kasus yang tidak terlalu banyak trinya tidak cukup berpengaruh..

  4. Juni 26, 2010 pukul 11:12 pm

    ga bisa komentar apa-apa…
    mata dan kaki sudah sakit..:(

    situs terlihat cukup rapi,,
    masih ada kekurangan seperti tidak terdapat footer pada setiap halaman.
    tidak membedakan link/button yang sedang aktif atau tidak,

  5. Juni 27, 2010 pukul 10:13 am

    salam kenal Mas, tipsnya menarik,, namun kalo saya, m9kin ga akan bsa mrasakan punya web sndri,, kalo masala domain sie ga mLah, cm yg jd pesoalan saya belum kuat bwt sewa hostingnya.. :mrgreen:

  6. Juni 25, 2013 pukul 2:53 pm

    I wanted to draft you a very little word to help thank you the
    moment again with your spectacular basics
    you have discussed in this case. It is certainly tremendously generous of people
    like you giving unhampered precisely what numerous people would’ve made available as an e book to get some cash for themselves, precisely given that you could possibly have done it in case you considered necessary. Those techniques likewise acted to become good way to be aware that many people have the identical eagerness much like mine to find out many more with regards to this issue. Certainly there are millions of more pleasurable times up front for many who view your blog.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: